, Indonesia
642 views

PT AIA Financial menang besar di Insurance Asia Awards 2023

Perusahaan asuransi membawa pulang Customer Service Initiative of the Year, Education Insurance Initiative of the Year dan Social Media Initiative of the Yeari di program penghargaan.

PT AIA Financial telah mendapatkan pengakuan di Insurance Asia Awards 2023, setelah memenangkan tiga kategori untuk inisiatif layanan nasabah, pendidikan, dan media sosial mereka.

Perusahaan dianugerahi Customer Service Initiative of the Year- Indonesia untuk Tanya ANYA, interface yang difasilitasi WhatsApp yang menyediakan kombinasi unik dari dukungan agen virtual dan langsung, serta opsi layanan mandiri digital untuk nasabah.

Inisiatif ini muncul setelah perusahaan mengidentifikasi formulir kertas yang rumit dan kurangnya komunikasi sebagai beberapa tantangan umum yang dihadapi nasabah. AIA memanfaatkan teknologi AI dan machine learning terbaru sembari memanfaatkan WhatsApp, platform komunikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, sehingga dapat mempersonalisasi komunikasinya dengan nasabah.

Platform ini juga terus mengalami peningkatan dengan fokus pada indikator kinerja utama seperti e-submission, e-output, dan tanggapan yang cepat.

Selain itu, AIA memastikan bahwa pelanggan mengetahui inisiatif baru ini, antara lain dengan meluncurkan kampanye kesadaran 100 hari untuk mengedukasi pelanggan tentang ketentuan produk mereka dan cara mendapatkan dukungan. Kampanye ini dimungkinkan melalui berbagai saluran komunikasi seperti media sosial dan key visual.

Upaya tersebut terbukti membuahkan hasil karena Tanya ANYA melampaui target 50% pengguna aktif. Jumlah pengguna Tanya ANYA juga meningkat, dari 59.737 pengguna pada Januari 2022 menjadi 193.945 pengguna pada Maret 2023. Sedangkan panggilan masuk turun 30% karena 46% transaksi dilakukan melalui antarmuka pada Oktober 2022. Tanya ANYA juga membantu mengurangi penggunaan formulir kertas, dengan 80% pelanggan menggunakan platform sebagai gantinya.

Di sisi lain, PT AIA Financial berhasil melakukan inisiatif literasi keuangan melalui AIApedia yang diberi nama Education Insurance Initiative of the Year - Indonesia. AIA mengambil tantangan untuk meningkatkan literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia dengan mengembangkan konten informatif dengan bantuan figur publik yang kredibel dan influencer terkenal di Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter.

Inisiatif yang merupakan bagian dari inisiatif ESG AIA dan tercermin dalam Laporan Keberlanjutan AIA Indonesia sejauh ini telah mengalami keberhasilan. Telah berkolaborasi dengan 50 tokoh publik, influencer, dan media, dengan program ini menjangkau 6,6 juta orang di media sosial pada tahun 2022. Selain itu, telah mendapat tanggapan positif 83% dari audiens.

Terakhir, PT AIA Financial juga mendapatkan penghargaan Social Media Initiative of the Year - Indonesia untuk BahagiAIA, yang menggunakan musik, bercerita, dan kolaborasi untuk menampilkan berbagai cara di mana nasabah dapat memanfaatkan layanan AIA – baik sebagai perencana kehidupan atau anggota vitalitas.

Pihak asuransi bekerja sama dengan nasabah dan influencer AIA yang sebenarnya untuk semakin memperkuat pesan pentingnya kebahagiaan, ketenangan pikiran, dan semangat untuk terus berjalan.

“Inti dari BahagiAIA adalah lagu motivasi yang menarik dan dapat dibagikan yang mendorong pendengar untuk mengejar kebahagiaan. Visual yang menyertainya menampilkan kisah nyata dari inspirasi positif, sehingga menciptakan rasa kebersamaan dan koneksi di antara nasabah,” kata AIA.

Video musik BahagiAIA mengumpulkan 8,4 juta penayangan di YouTube saja, secara besar-besaran melampaui KPI awal sebesar 168%. Secara total, aktivitas kampanye mencapai dan berkontribusi pada total 105.531.953 penayangan dan 30 juta keterlibatan, yang pada gilirannya mendukung sasaran AIA One Billion, sebuah inisiatif perusahaan untuk memengaruhi satu miliar cerita positif.

BahagiAIA mencapai peningkatan tayangan sebesar 128% dan peningkatan penayangan sebesar 84% dari sebelum kampanye. Itu juga menjangkau 125% lebih banyak orang daripada yang diantisipasi dan mencapai rasio lihat-tayang (VTR) 40%, membuktikan bahwa audiens tidak hanya mengklik tetapi juga terlibat dengan konten. Secara keseluruhan, kampanye tersebut mampu menaikkan skor akhir untuk kesadaran merek dari 77 menjadi 79 dan pertimbangan merek dari 41 menjadi 48.

Setelah mendapat penghargaan di Insurance Asia Awards dan mencapai berbagai tonggak sejarah dalam inisiatif dan proyek terbaru mereka, PT AIA Financial menyoroti komitmennya terhadap layanan, pendidikan, dan pembangunan komunitas yang luar biasa, memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam industri.

Insurance Asia Awards, yang kini memasuki tahun ke-8, memberikan penghargaan kepada perusahaan asuransi yang memberikan dampak signifikan bagi pelanggannya dengan produk, layanan, dan solusi yang luar biasa. Ini mengakui kerja keras, dedikasi, dan kreativitas dari perusahaan-perusahaan ini yang telah melangkah untuk memenuhi tuntutan industri.

The Insurance Asia Awards is presented by Insurance Asia Magazine. To view the full list of winners, click here. If you want to join the 2024 awards programme and be acclaimed for your company's significant impact on its customers with exceptional products, services, and solutions in the insurance industry, please contact Julie Anne Nuñez at [email protected].

Follow the link for more news on

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Perlambatan ekonomi menjadi tantangan underwriting asuransi; pasar berkembang menunjukkan potensi

Analisis Swiss Re Institute menegaskan pertumbuhan premi riil di pasar-pasar berkembang, termasuk Cina, melampaui ekonomi yang lebih maju.

Laporan: Indonesia menaikkan persyaratan ekuitas minimum di tengah dilema keuangan

Aturan baru juga menentukan investasi minimum sebesar Rp1 triliun untuk mendirikan bisnis asuransi baru.

Peningkatan pendaftaran kendaraan elektronik di Singapura mendorong asuransi menilai premi dan cakupan

Terhubung ke target pengurangan emisi 80% Singapura, kendaraan listrik membawa kemajuan dan risiko baru bagi pengemudi.

Swiss Re: Pemain asuransi Asia menargetkan industri kesehatan pada 2024

Di Singapura, pergeseran fokus ke kesehatan menyoroti kebutuhan perusahaan asuransi menutup kesenjangan perlindungan yang tidak berubah dalam 5 tahun terakhir.

GlobalData: M&A asuransi Indonesia akan mencapai $22 miliar pada 2027

Kenaikan MCR bagi perusahaan asuransi diperkirakan akan mendorong aktivitas merger dan akuisisi (M&A).

OJK merilis peta jalan sektor asuransi Indonesia yang berfokus pada empat pilar utama

Peta jalan tersebut mendorong perusahaan asuransi untuk mengutamakan integritas, menjaga kepentingan konsumen dan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Manulife Singapura menargetkan pasar kekayaan bersih yang berkembang pesat

Data baru menunjukkan bahwa generasi muda lebih antusias dalam berinvestasi dibanding generasi tua.

Fitch Ratings - Peraturan baru di Indonesia dinilai akan meningkatkan sektor asuransi syariah

Hal ini diharapkan dapat memperkuat profil bisnis pelaku usaha dan sektor takaful.