, Hong Kong
480 views

Melihat lebih jauh kondisi bisnis asuransi konvensional

Inovasi dalam menghadapi pandemi dapat mendorong kemajuan perusahaan asuransi, kata PwC Hong Kong Partner.

Dengan pengalaman lebih dari dua dekade dalam profesi asuransi, PwC Hong Kong’s Insurance Partner, Chris Hewison telah memberikan layanan audit, accounting, dan konsultasi untuk perusahaan asuransi jiwa dan non-jiwa di Inggris dan Hong Kong, serta sejumlah negara di Asia Tenggara. Dia juga telah bekerja dengan pemerintah HK dalam merancang inisiatif kebijakan perawatan kesehatan.

Rekam jejak Hewison yang  sudah terbukti dalam membangun hubungan yang kuat dengan klien merupakan keuntungan bagi grup asuransi karena ia membawa pendekatan yang proaktif dan pragmatis untuk menilai tantangan perubahan di pasar. Sebagai juri dalam penghargaan Insurance Asia mendatang, kami duduk bersama Hewison untuk bertukar wawasan tentang apa yang harus diharapkan oleh perusahaan asuransi dan apa yang harus mereka lakukan ke depan.

Lanskap Asuransi yang Berubah

Industri asuransi Hong Kong telah mengalami banyak perubahan selama beberapa dekade terakhir, dan industri ini telah menetapkan banyak tonggak sejarah.

Tingkat perubahan selama dekade terakhir sangat besar. Pemisahan AIA dari AIG dan kemudian tercatat dalam Bursa Efek Hong Kong, tercatatnya Prudential di Hong Kong dan fokus barunya di kawasan Asia dengan kantor regional di Hong Kong adalah contoh nyata bagaimana Hong Kong terus mempertahankan dominasinya sebagai pusat manajemen risiko di Asia.

Pertumbuhan yang cukup besar dalam tingkat premi di sektor asuransi jiwa didorong oleh perusahaan-perusahaan seperti AIA, Manulife dan Prudential dengan proposisi penjualan yang semakin canggih dan pengalaman pelanggan digital yang semakin meningkat. Pertumbuhan ini juga telah menarik berbagai pelaku pasar, khususnya sektor asuransi jiwa.

Perkembangan substansial dicapai berkat tingkat kecanggihan dalam proposisi penjualan dan integrasi inisiatif kesehatan ke dalam proses penjualan serta dengan semakin banyak interaksi digital pelanggan yang digunakan untuk memperdalam hubungan antara perusahaan asuransi dan pelanggan. Hubungan ini sebelumnya dijaga ketat oleh para agen.

Peningkatan kolaborasi antara ekonomi di kawasan daratan  dan Hong Kong telah menyebabkan peningkatan yang cukup besar dalam pembelian produk asuransi di Hong Kong oleh pengunjung  dari Cina Daratan. Volume ini menjadi semakin jelas selama pandemi ketika perbatasan ditutup secara efektif dengan penjualan yang waktu itu sangat melambat.
 

Siap untuk Pertumbuhan Masa Depan

Pembentukan otoritas asuransi independen baru pada 2017 dan agenda pengembangan regulasi yang ekstensif dengan pengenalan Group Wide Supervision, Enterprise Risk Management dan Risk-Based Capital di masa depan, harus mendukung perkembangan dan posisi Hong Kong yang berkelanjutan sebagai pusat manajemen risiko.

Banyak pengalaman konsultasi asuransi Hewison untuk pemerintah Hong Kong yang berdampak pada pembentukan karir profesionalnya, dengan banyak momen yang menentukan. Misalnya, tidak pernah ada orang yang fokus pada kesehatan pribadi, kesejahteraan, dan menjadi bagian dari tim. Hal ini mengarah pada pengembangan penawaran yang mendukung desain akhir Skema Asuransi Kesehatan Sukarela atau Voluntary Health Insurance Scheme  (VHIS) untuk Hong Kong.

Bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan dari profesi medis dan perusahaan asuransi,  memungkinkan Hewison mengidentifikasi tantangan dalam desain produk asuransi kesehatan yang ada, seperti tantangan yang tidak masuk akal dari perspektif konsumen, dan tantangan terkait kenaikan biaya perusahaan asuransi. Ini mendorong, dalam beberapa kasus, untuk mendesain ulang produk  dengan segera dan meningkatkan hasil bagi konsumen maupun bagi  industrinya.

Tidak hanya desain produk pada penawaran yang membantu meningkatkan transparansi pertanggungan, tetapi juga memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada konsumen terhadap kualitas asuransi kesehatan yang mereka beli. Insentif pajak dan pemasaran juga mendorong penyerapan yang lebih besar dan meningkatkan jumlah orang muda yang membeli paket tersebut.

Keberhasilan peluncuran polis baru pada April 2019 ini sangat tepat waktu dalam memperkuat kualitas perlindungan asuransi kesehatan karena Hong Kong telah keluar dari pandemi COVID-19, di mana asuransi kesehatan yang berkualitas diperlukan sebagai dukungan untuk mulai hidup dengan berbagai varian virus yang akan dating.

Saat ini, klien Hewison sedang mengerjakan berbagai proyek karena mereka terus pulih dari dampak pandemi COVID-19 yang telah mempercepat tren menuju otomatisasi dan digitalisasi. Pergeseran ke interaksi virtual dan alat digital sebagai mekanisme untuk menjual produk asuransi telah membuka peluang baru untuk melayani, menjual, dan membangun hubungan pelanggan, di mana mereka melihat investasi yang berkelanjutan pada infrastruktur untuk mendukung hal ini. Banyak yang berfokus pada bagaimana mereka dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan mereka dengan menggali dan menganalisis data dengan cara membangun hubungan yang jauh lebih dalam dengan pelanggan yang memungkinkan mereka menargetkan penjualan dengan cara yang lebih efektif.

Untuk perusahaan asuransi umum menengah, pandemi telah menjadi katalis yang signifikan untuk transformasi digital di banyak bidang bisnis, terutama dalam cara mereka mengotomatisasi untuk menurunkan biaya, meningkatkan analisis data dan merampingkan proses klaim dan penjaminan emisi untuk mendorong efisiensi.

Kebutuhan untuk Berinovasi

Tantangan yang muncul dari perginya para talenta atau talent flight dari Hong Kong terlihat cukup signifikan. Organisasi telah melihat kebutuhan yang lebih besar untuk jenis bakat baru di bidang digital, keamanan siber, dan data, sehingga meningkatkan kebutuhan akan peningkatan keterampilan  tim untuk menjadi lebih paham akan teknologi dan dapat bekerja lebih fleksibel.

Perusahaan dapat menerapkan praktik bisnis tertentu untuk meningkatkan Efektivitas Fungsi Keuangan mereka, tetapi mereka harus memastikan bahwa mereka mengambil langkah yang tepat untuk mencapai tujuan mereka. Area utama yang harus menjadi fokus perusahaan untuk meningkatkan efektivitas Fungsi Keuangan adalah efisiensi dan kontrol transaksional, yang diperlukan untuk memberikan wawasan bisnis yang tepat waktu dan berkualitas tinggi untuk mengoptimalkan kinerja bisnis dan memanfaatkan peluang pertumbuhan sambil mengelola risiko. Tujuan ini didukung oleh kebutuhan akan tim yang diberdayakan dan didukung oleh investasi yang tepat serta dengan teknologi yang tepat.

Inovasi dalam keterlibatan pelanggan dan kemitraan baru yang menarik di luar ruang asuransi konvensional  sangat diperlukan serta diharapkan, dan ini adalah jenis proyek dan inovasi yang akan dicari Hewison di antara peserta Insurance Asia Award.

Follow the links for more news on

Perusahaan asuransi mengincar pengambilalihan saham pengendali unit jiwa BNI

Lender mempertimbangkan untuk menjual 60% sahamnya di PT BNI Life Insurance.

Pemerintah Indonesia mempercepat lembaga penjamin kebijakan

Lembaga ini bertujuan untuk melindungi pemegang polis jika perusahaan asuransi bangkrut.

PasarPolis menguji coba aplikasi asuransi one-stop-shop baru, Tap Insure

Aplikasi ini dibuat dalam kemitraan dengan PT Zurich Asuransi Indonesia, Tbk.

KoverNow: Netflixnya Asuransi?

Model berlangganan KoverNow memberikan pilihan bagi konsumen yang tidak menginginkan kontrak panjang.

Bagaimana pusat layanan after-sales GBA akan berpengaruh pada industri asuransi di Hong Kong

Sravani Ampabathina dari GlobalData percaya bahwa pusat-pusat layanan tersebut akan meningkatkan penjualan asuransi kesehatan dan kendaraan bermotor.

Bagaimana warga Hong Kong mempersiapkan pensiun mereka

Dua dari lima warga  berharap untuk pensiun sebelum usia 60-an, Sun Life mengungkapkan.

bolttech mengakuisisi saham mayoritas di broker asuransi Indonesia

Akuisisi ini memperkuat kemampuan pertukaran asuransi insurtech di Indonesia.

Swiss Re dan Indonesia Re bermitra untuk meningkatkan aksesibilitas digital di Indonesia

Lebih dari 70 reasuradur atau reinsurer akan mendapat manfaat dari kerja sama ini.

Astra International pertimbangkan akan menjual bisnis asuransinya

Kesepakatan itu dapat mendatangkan nilai bisnis sebesar  $ 500 juta.

Aon menunjuk CEO baru untuk Aon Indonesia

Dia sebelumnya adalah CEO dari Pacific MMI Insurance.