, Indonesia
103 views

Pasar takaful Indonesia menguat meskipun penetrasinya rendah

Pangsa pasar yang rendah sebagian didorong oleh ekosistem keuangan Islam yang masih baru lahir.

Industri takaful Indonesia terus tumbuh namun perlahan mendapatkan momentumnya, dengan pangsa pasar mencapai 7% dari total pasar asuransi pada 11M 2020, menurut laporan Fitch Ratings.

Produk syariah jiwa menguasai 86% pasar takaful, diikuti oleh produk syariah umum sebesar 14%. Potensi pertumbuhan jangka panjang sektor takaful terpantau cukup tinggi, walaupun pada tahun 2019 penetrasi asuransi jiwanya rendah dengan total 1,4%.

Produk syariah umum mengalami penurunan kontribusi sebesar 10% YoY pada 11M 2020. Demikian pula, asuransi umum konvensional dan asuransi jiwa turun masing-masing sebesar 10% dan 9%. Produk life syariah masih diminati, dengan pertumbuhan 10%.

Pangsa pasar yang rendah, sebagian didorong oleh ekosistem keuangan syariah Indonesia yang masih berkembang, dengan pangsa pasar keuangan syariah negara yang hanya mencapai 9,6% pada H1 2020 yang membatasi jumlah nasabah yang mencari produk takaful.

Penerbitan sukuk yang terbatas juga membatasi pilihan investasi takaful, tetapi penggabungan bank tiga arah menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk dapat membantu meningkatkan kesadaran takaful. Sekitar 20% produk takaful di negara ini didistribusikan melalui bancassurance, laporan tersebut menyimpulkan.

 

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Penurunan bisnis asuransi kredit memengaruhi Asuransi Asei Indonesia

Penurunan pada segmen asuransi kredit pada 2023 memengaruhi premi bruto perusahaan asuransi tersebut.

Perubahan dalam regulasi asuransi memicu transformasi industri pada 2024

CEO MSIG Asia menyatakan 2024 sebagai tahun pertumbuhan bagi perusahaan asuransi, namun memperingatkan dampak regulasi dan sosio-ekonomi yang bervariasi.

Mengapa embedded insurance menjadi keharusan

Sebagian besar, sekitar 16% dari pendapatan asuransi di Asia kini berasal dari embedded insurance.

Warga Singapura berjuang dengan cakupan penyakit kritis meskipun terjadi penurunan dalam kesenjangan perlindungan

Chief marketing dan proposition officer  AIA SG mengharapkan perusahaan asuransi dapat lebih baik menyesuaikan diri dengan tuntutan konsumen pada 2024.

AM Best: PT Asuransi Tugu Pratama mempertahankan kinerja operasional yang kuat

Perusahaan asuransi Indonesia ini diperkirakan akan memiliki underwriting yang volatile dalam jangka pendek hingga menengah.

Memimpin dan tertinggal: perjalanan AI yang penuh konflik di asuransi Asia Pasifik pada 2024

Meskipun investasi AI mencapai 23,93% dari total pasar, 41% perusahaan di Asia Pasifik masih bergantung pada teknologi yang ketinggalan zaman, menghambat efisiensi dan skalabilitas.

Manulife Investment, mitra Indonesia untuk pembangunan infrastruktur

Terdapat permintaan yang meningkat untuk properti logistik karena pasar e-commerce Indonesia tumbuh dengan cepat.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.