, Indonesia
114 views
/Nicolas Thomas from Unsplash

OJK merilis peta jalan sektor asuransi Indonesia yang berfokus pada empat pilar utama

Peta jalan tersebut mendorong perusahaan asuransi untuk mengutamakan integritas, menjaga kepentingan konsumen dan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini meluncurkan Peta Jalan Peningkatan Industri Asuransi 2023-2027. Upaya kolaboratif ini melibatkan Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan berbagai pemangku kepentingan di bidang asuransi.

Peta jalan ini berfokus pada empat pilar utama: memperkuat ketahanan dan daya saing, memelihara aspek-aspek penting dalam ekosistem asuransi, mempercepat transformasi digital, dan memperkuat pengawasan peraturan dan perizinan.

Implementasinya dilakukan dalam tiga fase: memperkuat fondasi, mengkonsolidasikan dan membangun momentum, dan menyelaraskan pertumbuhan.

Tujuan utama dari peta jalan ini adalah untuk membangun industri asuransi yang kuat dan efisien yang mengutamakan integritas, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Inisiatif ini merupakan upaya kolektif yang melibatkan badan pemerintah, asosiasi, pelaku industri, dan masyarakat.

Visi bersama adalah menciptakan sektor asuransi yang aman, efisien, berbasis integritas yang meningkatkan perlindungan konsumen dan masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perluasan pasar, peningkatan inklusi, dan stabilitas keuangan.

ALSO READ: OJK wants mandated insurance coverage for Indonesians: Report

Dalam lima tahun ke depan, seluruh pemangku kepentingan asuransi berkomitmen mengambil langkah-langkah strategis untuk memperkuat perannya dalam menanamkan rasa aman dan kepercayaan masyarakat.

Peta jalan tersebut memberikan visi yang jelas bagi industri asuransi Indonesia dengan merangkum program-program strategis yang kolaboratif.

Langkah-langkah tersebut meliputi peningkatan permodalan, memastikan keberlanjutan industri, perbaikan tata kelola, dan penanaman kepercayaan pada sektor jasa keuangan, yang bertujuan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi industri dan masyarakat serta meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Peta jalan ini juga mendorong pertumbuhan perusahaan asuransi syariah dan mendorong inklusivitas.

Menyadari sifat dinamis industri asuransi, peta jalan ini tetap mampu beradaptasi terhadap perubahan internal dan eksternal.

Penyesuaian akan dilakukan sesuai kebutuhan untuk memastikan relevansi dan daya tanggapnya, tegas OJK. Keberhasilan implementasi bergantung pada koordinasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan, dengan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan terhadap program-program strategis.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Penurunan bisnis asuransi kredit memengaruhi Asuransi Asei Indonesia

Penurunan pada segmen asuransi kredit pada 2023 memengaruhi premi bruto perusahaan asuransi tersebut.

Perubahan dalam regulasi asuransi memicu transformasi industri pada 2024

CEO MSIG Asia menyatakan 2024 sebagai tahun pertumbuhan bagi perusahaan asuransi, namun memperingatkan dampak regulasi dan sosio-ekonomi yang bervariasi.

Mengapa embedded insurance menjadi keharusan

Sebagian besar, sekitar 16% dari pendapatan asuransi di Asia kini berasal dari embedded insurance.

Warga Singapura berjuang dengan cakupan penyakit kritis meskipun terjadi penurunan dalam kesenjangan perlindungan

Chief marketing dan proposition officer  AIA SG mengharapkan perusahaan asuransi dapat lebih baik menyesuaikan diri dengan tuntutan konsumen pada 2024.

AM Best: PT Asuransi Tugu Pratama mempertahankan kinerja operasional yang kuat

Perusahaan asuransi Indonesia ini diperkirakan akan memiliki underwriting yang volatile dalam jangka pendek hingga menengah.

Memimpin dan tertinggal: perjalanan AI yang penuh konflik di asuransi Asia Pasifik pada 2024

Meskipun investasi AI mencapai 23,93% dari total pasar, 41% perusahaan di Asia Pasifik masih bergantung pada teknologi yang ketinggalan zaman, menghambat efisiensi dan skalabilitas.

Manulife Investment, mitra Indonesia untuk pembangunan infrastruktur

Terdapat permintaan yang meningkat untuk properti logistik karena pasar e-commerce Indonesia tumbuh dengan cepat.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.